Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Pohon Bonsai: Panduan Pemula Untuk Merawat Pohon Mini Anda

Perawatan Pohon Bonsai: Panduan Pemula Untuk Merawat Pohon Mini Anda

menjaga pohon bonsai tetap hidup bisa jadi rumit, tetapi jika Anda mengetahui dasar-dasarnya, itu relatif mudah. Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang perawatan bonsai untuk pemula.

jika Anda penggemar segala hal tanaman hias, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan pohon bonsai ke koleksi Anda. Pohon-pohon mini ini tidak hanya memiliki banyak sejarah di belakangnya, tetapi juga sedikit lebih menantang untuk dirawat daripada tanaman hias rata-rata Anda.

Namun, karena itu, banyak orang membeli pohon bonsai tanpa menyadari betapa sensitifnya mereka. Ini bukan jenis tanaman yang bisa Anda lupakan, pohon bonsai membutuhkan perawatan dan perhatian khusus jika Anda ingin membantu mereka berkembang.

Ini, tentu saja, merupakan prospek yang menakutkan bahkan bagi pemilik tanaman yang paling berdedikasi sekalipun, tetapi itu tidak berarti menjaga pohon bonsai tetap hidup sangat sulit. Jika Anda tetap berpegang pada dasar-dasarnya, relatif mudah untuk menjaga jenis pohon bonsai 'pemula' tetap hidup.

Jadi, apakah Anda telah membeli pohon atau sedang mempertimbangkan untuk membawanya ke rumah Anda, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang merawat pohon bonsai sebagai pemula.

Apa Itu Pohon Bonsai

Pada tingkat paling dasar, pohon bonsai hanyalah pohon mini yang ditanam dalam wadah. Faktanya, kata Jepang 'bon-sai' secara harfiah diterjemahkan menjadi 'ditanam dalam wadah'.

Tapi pohon bonsai bukanlah tanaman hias biasa, mereka memiliki sejarah budaya yang kaya. Sementara kata bonsai adalah bahasa Jepang, seni menanam pohon mini dalam wadah sebenarnya dimulai di Tiongkok pada 700 M, ketika elit Tiongkok mempraktikkan seni 'bon-sai'. Ini melibatkan menanam pohon kerdil dan menciptakan lanskap kecil.

Baru kemudian, selama periode Kamakura, itu menjadi bagian dari budaya Jepang. Saat itulah bentuk seni menjadi lebih tentang menumbuhkan pohon individu, berkat pengaruh Buddhisme Zen Jepang.

Apa Jenis Pohon Bonsai yang Terbaik untuk Pemula?

Jika Anda belum membeli pohon bonsai pertama Anda, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan ficus ginseng. Di alam liar, pohon-pohon ini dapat mencapai ketinggian 100 kaki di lingkungan hutan, tetapi sebagai bonsai, pohon-pohon ini dikenal karena daunnya yang hijau, berbentuk oval, batang tebal, dan akar udara.

“Ficus ginseng adalah bonsai yang sempurna untuk pemula karena sangat mudah dirawat,” kata Morag Hill, salah satu pendiri toko tanaman online The Little Botanical. “Pohon-pohon kecil ini, dengan akarnya yang kuat, tumbuh di udara, dan daun yang mengkilap, hanya perlu sedikit pemangkasan untuk mempertahankan bentuknya dan akan paling bahagia di tempat terang di rumah Anda.”

Cara Merawat Pohon Bonsai

Pohon bonsai yang berbeda memerlukan tingkat perawatan yang berbeda, jadi ada baiknya meneliti jenis spesifik yang Anda miliki sebelum Anda mulai merawatnya.

Perlu juga diingat bahwa pohon bonsai bisa menjadi sensitif, dan bukanlah hal yang aneh bagi mereka untuk menjatuhkan sebagian atau seluruh daunnya jika terlalu banyak air, tidak mendapatkan cukup cahaya, atau dipindahkan ke lokasi baru.

Dengan itu, salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk pohon bonsai adalah memastikannya mendapatkan cukup cahaya. Ficus ginseng, misalnya, adalah tanaman tropis, sehingga menyukai titik terang di rumah, misalnya, di depan jendela yang menghadap ke selatan.

Posting Komentar untuk "Perawatan Pohon Bonsai: Panduan Pemula Untuk Merawat Pohon Mini Anda"