Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbanyak Tanaman Hias Snake Plant atau Lidah Mertua | Di Air Atau Tanah!

Cara Memperbanyak Tanaman Hias Snake Plant atau Lidah Mertua | Di Air Atau Tanah!

Menyebarkan sukulen sangat mudah dan ini tidak berbeda untuk Sansevieria, juga disebut sebagai tanaman hias snake plant (atau baru-baru ini sebagai Dracaena). Pelajari cara menyebarkan tanaman hias snake plant untuk memperluas koleksi Anda atau memberikannya kepada teman dan keluarga!

Perbanyakan Sansevieria dapat dilakukan di air atau tanah, menggunakan stek daun atau offset.

Perbanyakan Sansevieria Menggunakan Stek Daun

Banyak succulents memiliki kemampuan yang cukup ajaib. Mereka dapat menumbuhkan salinan diri mereka sendiri hanya dari sehelai daun! Adapun tanaman hias snake plant, mereka mengambil ini lebih jauh. Anda bahkan tidak memerlukan seluruh daun tanaman hias snake plantuntuk menumbuhkan spesimen baru: yang Anda butuhkan hanyalah bagian dari satu.

Untuk perbanyakan tanaman hias snake plant dengan stek daun, pilih tanaman induk yang sehat yang mampu kehilangan sedikit dedaunan. Dia akan menumbuhkan daun baru saat dia siap, jangan khawatir.

Bergantung pada berapa banyak tanaman baru yang Anda inginkan, pilih satu atau beberapa daun kokoh untuk dikorbankan.

Gunakan pisau atau gunting yang disterilkan (menyeka dengan sedikit alkohol bisa dilakukan dengan baik) dan potong daunnya tepat di atas pangkalnya.

Potong daun menjadi bagian 2-3″ (5-7,5 cm). Berhati-hatilah untuk mengingat sisi mana yang turun dan mana yang naik, karena pemotongan Anda HANYA akan berakar dari ujung bawah. Jika Anda tidak sengaja lupa, ada kemungkinan 50% segmen itu tidak akan pernah menumbuhkan tanaman hias snake plant baru.

Selamat, Anda mengambil stek daun Sansevieria! Gulir ke bawah untuk mengetahui cara menggunakannya untuk menumbuhkan tanaman baru menggunakan metode air atau tanah.

Belum punya tanaman induk Sansevieria? Tanya teman atau anggota keluarga atau beli tanaman starter online di sini .

Offset berakar dan pemotongan daun Sansevieria, tanaman hias sukulen populer yang juga dikenal sebagai tanaman hias snake plant.

Pemotongan daun Sansevieria (kanan) dan offset berakar (kiri).

Perbanyakan Tanaman hias snake plant Dengan Pembagian

Jika Anda memiliki tanaman hias snake plant yang indah yang telah tumbuh subur untuk sementara waktu, Anda dapat menggunakan metode pembagian untuk memecahnya menjadi beberapa, lebih kecil dan lebih mudah untuk mengelola tanaman hias snake plant! Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah ketika Anda berencana untuk merepoting, karena Anda akan mengeluarkan tanaman dari penanamnya.

Pertama, keluarkan tanaman dengan hati-hati dari potnya dan pisahkan masing-masing batang dan sistem akar.

Saat melakukan ini, cobalah berhati-hati untuk memastikan setiap batang memiliki akar. Jangan panik jika tidak atau jika Anda merusaknya, karena mereka memiliki kemampuan untuk melakukan root ulang dengan baik. Ini hanya akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Jika Anda tidak ingin meretas seluruh pabrik dan sistem, Anda dapat mencari cabang kecil tanaman Anda. Mengambil tunas adalah metode yang bagus jika Anda tidak menginginkan banyak tanaman baru tetapi hanya beberapa yang lebih kecil.

Seperti dapat dilihat pada gambar di bawah, cabang mungkin muncul di tanah di sekitar tanaman induk. Namun, beberapa dari mereka juga bisa bersembunyi di bawah tanah!

Jika cabang cukup jauh dari pangkal tanaman induk, Anda dapat memisahkannya dengan hati-hati tanpa mencabut semuanya. Semua itu mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Sayangnya, Anda mungkin masih harus mengeluarkan tanaman induk dari pot untuk mendapatkan akses mudah ke tunas.

Tampilan jarak dekat dari sukulen Sansevieria dengan cabang yang tumbuh di tanah di sebelahnya.

Cara Memperbanyak Tanaman hias snake plant Di Tanah

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda sekarang telah memperoleh stek Anda (daun atau offset)! Mari kita bahas apa yang harus dilakukan dengan mereka. Jika potongan Anda sudah memiliki akar, biasanya Anda akan memilih opsi ini: merambat langsung ke tanah.

Pertama, Anda harus menyiapkan campuran tanah. Sansevieria adalah sukulen yang membutuhkan banyak drainase untuk berkembang, jadi campuran yang lapang sangat ideal. Anda dapat menggunakan media tanam sukulen yang sudah jadi atau membuatnya sendiri yang sangat sederhana dengan mencampurkan 60% tanah pot dengan 40% perlit.

Selanjutnya, saatnya memilih penanam. Drainase juga penting untuk diingat di sini. Pot harus memiliki lubang drainase agar kelebihan air bisa keluar atau Sansevieria baru Anda akan tenggelam dan membusuk! Terakota adalah favorit di antara petani sukulen karena berpori dan memungkinkan penguapan.

Isi penanam dengan campuran tanah Anda dan kubur daunnya beberapa inci langsung ke dalam substrat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pastikan Anda meletakkan daun dengan potongan di bawah! Letakkan pot di tempat yang terang, meskipun tidak terkena sinar matahari langsung (agak terlalu keras untuk stek baru ini).

Anda mungkin tergoda untuk menyiram stek segera, tetapi penting untuk menunggu sekitar tiga hari agar stek sedikit sembuh. Ini mencegah pembusukan. Setelah 3 hari, Anda dapat mulai menyirami stek setiap beberapa hari.

Dalam 4-5 minggu, akar akan tumbuh dengan baik dan Anda mungkin akan mulai melihat tanda-tanda pertumbuhan pertama. Selamat, Anda sekarang memiliki tanaman hias snake plant baru.

Tip : Untuk informasi lebih lanjut tentang tanah, penanam, dan praktik pot terbaik untuk sukulen seperti tanaman hias snake plant, lihat artikel lengkap tentang menanam sukulen di dalam ruangan .

Perbanyakan daun sukulen Sansevieria |  Panduan lengkap tentang cara menyebarkan tanaman hias snake plant

Cara Memperbanyak Tanaman hias snake plant Di Air

Cara memperbanyak sansevieria ini sangat mudah dan menyenangkan jika Anda ingin benar-benar melihat akarnya tumbuh. Tidak ada lagi pertanyaan apakah pemotongan telah di-root atau tidak, karena Anda dapat melihat semuanya terjadi secara real-time.

Yang Anda butuhkan untuk mulai menyebarkan tanaman hias snake plant di air adalah mangkuk atau wadah.

Sama seperti perbanyakan Sansevieria menggunakan stek daun dalam metode tanah, potong daun di atas pangkal dan secara opsional bagi menjadi beberapa bagian kecil.

Setelah stek siap, masukkan ke dalam wadah berisi air, lalu letakkan di tempat yang mendapat sinar matahari tidak langsung. Anda hanya perlu mengganti air seminggu sekali.

Sekitar 3 minggu, Anda akan mulai melihat akar muncul di tepi potongan daun, yang berarti Anda berada di jalur yang benar!

Dalam 4-5 minggu, akarnya seharusnya sudah tumbuh panjang dan cukup kuat sehingga Anda dapat secara teknis mengubahnya menjadi substrat apa adanya.

Beberapa orang suka membiarkan stek mereka tumbuh di air dan itu tidak masalah. Tanaman hias snake plant dapat tumbuh di air cukup banyak tanpa batas dan vas yang bagus dengan tanaman hijau yang bahagia membuat tambahan yang bagus untuk rak apa pun.

Tip : Anda mungkin melihat akar tumbuh secara horizontal karena ditekan ke dasar mangkuk. Anda dapat memperbaikinya dengan memindahkan stek ke dalam cangkir individu dan menggantungnya tegak dengan menggunakan tusuk gigi atau metode lain.

Tampilan jarak dekat dari pemotongan daun Sansevieria berakar dengan lebih banyak potongan dalam segelas air di latar belakang |  Panduan lengkap tentang cara menyebarkan tanaman hias snake plant

Merawat Tanaman hias snake plant Baru Anda

Setelah meluangkan waktu dan upaya untuk menyebarkan tanaman hias snake plant, hal terakhir yang Anda inginkan adalah tanaman baru mati. Untungnya, ini sama sekali tidak menuntut tanaman dan bahkan pemula harus bisa menanamnya dengan sukses.

Cahaya

Meskipun tanaman hias snake plant sering dipuji sebagai tanaman dengan cahaya sangat rendah, mereka sebenarnya lebih baik dalam cahaya sedang. Meskipun mereka dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya rendah, mereka tidak akan berkembang atau tumbuh. Faktanya, mereka perlahan-lahan menghilang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika memungkinkan, Sansevieria Anda akan menyukai lokasi yang bagus dan terang di sebelah jendela. Cahaya tidak langsung bekerja dengan baik, meskipun bahkan sinar matahari langsung tidak menjadi masalah bagi sukulen yang kuat ini selama mereka menyesuaikan diri secara perlahan.

Suhu

Tanaman hias snake plant dapat mentolerir kisaran suhu yang cukup luas. Suhu kamar bekerja dengan baik, tetapi apa pun antara 50 hingga 85 derajat Fahrenheit (10-30 ° C) tidak masalah. Pastikan untuk menjauhkan mereka dari sumber panas langsung dan AC, karena seperti semua tanaman, orang-orang ini menyukai hal-hal yang stabil.

Mereka juga tidak keberatan dengan udara yang kering dan pengap, tetapi melakukannya dengan baik di tempat-tempat dengan kelembaban lebih tinggi, seperti kamar mandi.

Tanah

Seperti yang disebutkan di bagian tentang cara menyebarkan tanaman hias snake plant di tanah, sukulen seperti ini tidak tahan jika terlalu banyak air. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan campuran yang mengalir dengan baik dan lapang.

Jika Anda merasa campuran Anda terlalu berat atau padat, Anda bisa membuang perlit atau batu apung. Bahkan segenggam keripik kulit anggrek yang halus dapat sangat membantu.

Tanaman hias snake plant kecil (Sansevieria) di tanaman jeruk terakota |  Panduan lengkap tentang cara menyebarkan tanaman hias snake plant.

Pengairan

Seperti disebutkan di atas, tanaman hias snake plant tidak menyukai banyak kelembapan dan harus dibiarkan mengering di antara penyiraman.

Anda mungkin hanya perlu menyirami Sansevieria Anda seminggu sekali atau lebih selama musim tanam, tergantung pada seberapa kering dan panasnya rumah tangga Anda. Pastikan tanahnya benar-benar kering sebelum Anda memberi tanaman minuman yang baik.

Di musim dingin, Anda mungkin bisa pergi 4 minggu atau lebih di antara penyiraman. Karena tanaman hias snake plant dapat mentolerir kekeringan untuk sementara waktu, tanaman ini bagus untuk orang yang sering bepergian atau sedikit pelupa!

Tip : Anda dapat menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang tingkat kelembapan yang tepat untuk sukulen seperti tanaman hias snake plant di artikel lengkap tentang menyiram sukulen .

Pupuk

Beberapa orang tidak menggunakan pupuk sama sekali dalam hal tanaman hias snake plant, malah memutuskan untuk menggunakan sedikit kompos untuk nutrisi tambahan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pupuk, Anda dapat menggunakan makanan nabati serba guna selama musim tanam dengan kekuatan yang berkurang, dan paling banyak hanya sekali atau dua kali.

Apakah Tanaman hias snake plant Beracun Bagi Kucing Dan Anjing?

Ya, menurut ASPCA, tanaman hias snake plant beracun bagi kucing dan anjing. Jika Anda memiliki anak dan hewan peliharaan, pastikan untuk menjauhkan tanaman dari jangkauan karena dapat menyebabkan masalah seperti mual, diare, dan muntah jika tertelan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara menyebarkan tanaman hias snake plant atau jika Anda ingin berbagi pengalaman Anda sendiri dengan sukulen super kuat ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah!

Posting Komentar untuk "Cara Memperbanyak Tanaman Hias Snake Plant atau Lidah Mertua | Di Air Atau Tanah!"