Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merawat pohon Bonsai, 6 Tips Ahli yang Anda Butuhkan untuk Menyempurnakan Miniatur Meditatif Ini

Cara merawat pohon Bonsai, 6 Tips Ahli yang Anda Butuhkan untuk Menyempurnakan Miniatur Meditatif Ini

Dari semua tren tanaman hias saat ini, cara merawat pohon Bonsai adalah salah satu yang mengejutkan kita. Tentu saja mereka secara teknis bukan tanaman, mereka adalah pohon. Meskipun sering dianggap sebagai tradisi Jepang, seni Bonsai berasal dari China sekitar tahun 700 M,

Bentuk seni mendapatkan popularitas dan kepentingan di Jepang, di mana praktik meditasi selaras dengan Buddhisme Zen. Pohon Bonsai melambangkan harmoni, keseimbangan, dan kesabaran, dan umat Buddha Zen menggunakan Bonsai untuk bermeditasi dan merenungkan.

Pohon dalam pot telah menjadi tren besar akhir-akhir ini baik untuk indoor maupun outdoor, jadi tidak mengherankan jika Bonsais melihat kebangkitan. Sebagai tanaman hias terus meningkat popularitasnya, Bonsai dan aspek yang lebih mistis telah melibatkan audiens yang lebih kontemporer. Sebagai bentuk seni, tempat untuk bermeditasi, sesuatu untuk dirawat, dan bagi mereka yang tidak memiliki ruang terbuka, daya tarik pohon Bonsai bertahan.

Pohon-pohon kecil ini bukan untuk orang yang lemah hati. Mereka mengambil sejumlah dedikasi untuk dipertahankan. Sebagai pemilik bonsai, Anda memiliki tanggung jawab untuk merawatnya dan harus siap meluangkan waktu untuk merawatnya,

CARA MERAWAT POHON BONSAI - 6 TIPS AHLI

1. MULAI DENGAN VARIETAS YANG MUDAH DIPERAWATAN

Ada banyak jenis pohon Bonsai, jadi kami bertanya kepada para ahli mana yang terbaik untuk pemula pemula Bonsai.

Ada banyak varietas pohon Bonsai yang membutuhkan tingkat dan jenis perawatan yang berbeda. Sementara beberapa memiliki reputasi yang rumit, yang lain sangat mudah dirawat seperti Bonsai Money Tree atau Bonsai Ficus Ginseng, jadi sangat bagus untuk pemula.

Pohon Uang Bonsai atau tanaman hias Pachira aquatica sangat populer dan menurut feng shui, dikatakan membawa kemakmuran dan keberuntungan.

Rekomendasikan membeli pohon Bonsai yang sudah mapan dan tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan Ficus Ginseng. Varietas bagus lainnya untuk pemula adalah The Crassula Bonsai, Schefflera Bonsai dan Chinese Elm.

2. BUAT ULANG HABITAT ALAMINYA

Bonsai telah mendapatkan reputasi sebagai tanaman yang sulit, tetapi seperti tanaman, Anda hanya perlu memahami kebutuhannya dan memahami dasar-dasarnya.

Mereka membutuhkan banyak cahaya terang dan tidak langsung, jadi pastikan mereka berada di tempat yang mendapat sinar matahari penuh di bulan-bulan yang lebih dingin. Jauhkan Bonsai Anda dari sumber panas langsung atau angin. Mereka menyukai kondisi lembab, jadi dapur dan kamar mandi cocok untuk Bonsai, tetapi hanya jika mereka menerima cukup cahaya.

Seperti tanaman hias, mencoba menciptakan kembali habitat alami mereka dalam rutinitas perawatan Anda akan menghasilkan pohon yang sehat dan bahagia. Kebanyakan Bonsai dalam ruangan memiliki asal-usul tropis dan akan tumbuh subur dalam kehangatan, kelembapan, dan sinar matahari tidak langsung.

3. JANGAN BIARKAN TANAH KERING

Mengetahui seberapa sering menyiram tanaman hias adalah kunci keberhasilan berkebun dalam ruangan. Dan berapa banyak air yang dibutuhkan Bonsai Anda tergantung pada jenis pohonnya, tetapi penting untuk sering menyiraminya.

Siram Bonsai Anda secara teratur dengan gerimis sesekali untuk kelembapan dan jangan biarkan tanah mengering. Ingat Bonsai adalah pohon, bukan tanaman hias. Dan tanpa air, mereka akan mati.

4. MAKAN PUPUK

Kesenian dengan Bonsais adalah untuk menjaga mereka tetap kecil, tetapi pohon-pohon kecil ini perlu diberi makan untuk mendorong pertumbuhan. Bonsai akan mendapat manfaat dari diberi pupuk tanaman hias di musim tanam, yaitu musim semi dan musim panas.

Pilih pupuk khusus Bonsai untuk mendorong pertumbuhan yang sehat. Cobalah umpan cair untuk spesimen yang lebih kecil dan umpan granular untuk tanaman yang lebih besar.

5. PANGKAS AKAR DAN PANGKAS DAUNNYA

Di sinilah aspek meditatif masuk, pemangkasan cabang dan akar yang hati-hati, menjepit pertumbuhan baru, dan merepoting bonsai secara berkala, membutuhkan fokus dan kesabaran, Tukang kebun menjadi seorang seniman, menyetel irama alam.

Pemangkasan adalah bagian penting untuk menjaga tanaman Anda tetap rapi dan kompak.. Tujuannya adalah untuk mencoba dan mereplikasi bagaimana pohon yang utuh akan terlihat di alam. Jangan biarkan pohon Anda ditumbuhi, tetap senang dengan pemangkasan biasa.

Sebaiknya beli beberapa gunting Bonsai, karena mereka akan memotong cabang yang lebih tebal dengan mudah untuk pemangkasan yang detail.

Sebagian besar pembentukan dapat dilakukan dengan pemangkasan saja. Untuk pemangkasan pemeliharaan umum, potong kembali menjadi 1-3 daun pada setiap tunas baru. Cabang dan batang kayu cukup fleksibel dan dapat disambungkan ke posisinya jika perlu. Putar Bonsai Anda secara teratur untuk mencegah pertumbuhan yang tidak merata.

6. GANTI POT POHON MUDA SETIAP 1-2 TAHUN

Pohon Bonsai muda akan membutuhkan pot setiap beberapa tahun. Waktunya akan tergantung pada spesies dan pohon tertentu tetapi ada cara untuk mengetahui kapan waktunya.

Anda dapat mengetahui kapan bonsai membutuhkan pot ulang ketika sistem akar tampak sangat padat dan akar sudah mulai tumbuh melingkar di sekitar bagian dalam pot. Anda dapat melihat ini dengan mengangkat pohon secara perlahan dari potnya. Ini hanya boleh dilakukan selama musim tanam ulang.

Pohon seperti Chinese Elm idealnya harus dipot ulang selama awal musim semi sebelum mereka keluar untuk pohon di luar ruangan, dan kapan saja selama musim dingin untuk pohon dalam ruangan.

Hal lain yang harus diperhatikan selama musim tanam adalah jika pohon Anda mengering lebih cepat dari biasanya atau jika pertumbuhannya kurang kuat dari biasanya.

APA YANG SPESIAL DARI POHON BONSAI?

Kombinasi hortikultura dan seni, tindakan menciptakan pohon hias kecil ini adalah praktik Zen yang telah berlangsung selama lebih dari satu milenium. Terjemahan harfiah dari Bonsai adalah pohon di nampan. Kultivasi dan perawatan mereka adalah latihan kontemplatif dan meditatif yang mendekatkan seseorang dengan alam dan akhirnya, dirinya sendiri.

BERAPA LAMA POHON BONSAI BERTAHAN?

Dengan perawatan yang tepat, Bonsai dapat bertahan selama ratusan tahun, seperti pohon dewasa. Secara tradisional, mereka diturunkan dari generasi ke generasi dan dihormati sebagai pengingat mereka yang telah merawat mereka sebelumnya.

Ficus Ginseng dapat bertahan selama bertahun-tahun. Pastikan saja mereka tidak terlalu banyak air dan mereka mendapatkan cukup cahaya. Orang-orang ini sudah cukup tua saat mereka datang ke rumah Anda, biasanya sekitar 15 tahun sejak memulai hidup mereka di China atau Malaysia.

Posting Komentar untuk "Cara merawat pohon Bonsai, 6 Tips Ahli yang Anda Butuhkan untuk Menyempurnakan Miniatur Meditatif Ini"